Tuesday 19 May 2015

Hati-Hati, Beras Plastik Beredar di Bekasi


aneka - Pemkot Bekasi uji laboratorium pada beras yang diduga berbahan plastik. Karena, belakangan ini warga Bekasi khawatir peredaran beras plastik. "Kami udah ngambil contoh," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi, Herbet Panjaitan, Selasa, 19 Mei 2015.

Ia bilang, beras diambil dari toko beras di bilangan Pasar Mutiara Gading Timur, Kec Mustika Jaya. Pemeriksaan dilakukan setelah mendapat informasi dari warga bahwa ada beras diduga berbahan plastik atau beras sintetis. "Untuk mastiinnya, harus di uji laboratorium dulu," kata dia.

Hasil penyelidikan sementara, beras itu dibeli dari agen beras di Pasar Baru, Bekasi. Agen itu mendatangkan berasnya dari Karawang, Jawa Barat. Jika terbukti, maka pemerintah akan menindak tegas. "Beras sintesis kan berbahaya," kata dia.

Seorang konsumen, Dewi Septiani bilang, beras yang diduga dari plastik itu gak bisa dimasak seperti beras pada umumnya. Ia bilang beras yang dimasaknya lebih keras, lengket kek ketan. "Berasnya aneh, rasanya juga kek plastik," kata dia.

Ia mengaku, beli beras enam liter hari Minggu kemaren, 17 Mei 2015. 1 liter beras harganya kisaran Rp 8 ribu. Menurut dia, ini pertama kali dia dapat beras kualitas tersebut. "Baru kali ini beli, tapi gak bisa dimasak."

Jubir Kepolisian Resort Kota Bekasi Kota, Ajun Komisaris Siswo menyatakan dari hasil penyelidikan yang didapat sementara, disimpulkan bahwa beras itu palsu. Kepastian hasil uji itu didapat setelah melibatkan Badan pengawas Obat dan Makanan. "Sekarang mau dirilis," kata Siswo.

2 comments:

Copyright © 2015 aneka content