Tuesday 12 May 2015

Nurnaningsih, Bintang Panas Pertama Indonesia


aneka - Udah banyak bintang panas muncul di Indonesia membuat kita bertanya-tanya siapa yang mulai pertama kali? akhirnya setelah ditelusuri ditemukan bahwa Nurnaningsih adalah bintang panas  pertama ditahn 1950an.

Artis ini booming diperfilman Indonesia tahun 1950 dengan film berjudul Harimau Tjampa. Dalam film itu, Nur berani lakuin adegan setengah bugil di beberapa scene. Walau hanya beberapa detik menampilkan bagian dadanya, membuat Indonesia heboh. Karena, ini pertama kali terjadi pada perfilman Indonesia, sebelumnya gak ada yang pernah ngelakuin ini.

Spontan nama Nur pun melambung cepat menjadi simbol seks pionir di Indonesia. Biarpun sempat dikecam karena menentang budaya timur, Nur pun beralasan kalo aktingnya adalah karya seni dan ingin menembus batasan & pandangan kolot di Indonesia. Sangat jarang artis yang punya pandangan berani kayak Nur saat itu. Dan, Nur pun berani dobrak batasan.

Nur yang DO dari sekolah sejak kelas 1 SMA ini punya prinsip 'Kalau Mau Maju Mesti Berani'. Karena keberaniannya ini, popularitas Nur makin tenar.

Tapi, meski udah membintangi banyak  film, peredarannya dibatasin. Karena, banyak yang kritik perannya. Bahkan, di Kalimantan, sampai ada pemboikotan untuk semua film yang dibintangi Nurnaningsih.

Tentu aja ini merugikan production house karena Nur diboikot dan membuat namanya pelan-pelan  meredup. Ditahun 80-an Nur pun berhenti dan seakan hilang dari dunia perfilman.

selama 12 tahun Dia ngabisin waktunya jelajahin pulau-pulau Indonesia dan berprofesi sebagai seniman sketsa, pemain theater, guru bahasa Inggris & penyanyi. Nur sempat balik ke dunia film dengan peran-peran kecil, tetapi gak berlangsung lama. 

Akhirnya Nur meninggal pada 21 Maret 2004 di usia 78 tahun, setelah itu semua ceritanya hilang. Namun dia mewarisi dan mengubah perfilman di Indonesia dengan menyelipkan aksi panas pada penampilan filmnya. Dari Nur lah tumbuh generasi baru seperti Rahayu Effendi, Eva Arnaz, Inneke Koesherawati dan generasi era 2000-an yang semakin ramai saat ini.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 aneka content