Tuesday 12 May 2015

Doodle Google Hari ini, Mengenang Inge Lehmann


aneka - Google Rabu hari ini kembali menghadirkan doodle khusus. Kali ini Google memperingati hari kelahiran Dr. Inge Lehmann yang yaitu seorang seismolog asal Denmark.

Inge Lehmann ulang tahun pada hari ini lahir di Denmark tahun 1888 dan meninggal dunia tanggal 21 Februari 1993, berarti Inge meninggal di usia ke-104 tahun. Inge Lehmann adalah seorang seismologis pertama dan satu-satunya di Denmark ketika itu.

Lehmann adalah pelopor di antara wanita dan ilmuwan. Pendidikan pertamanya di sekolah tidak mendukung kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Sangat bertentangan dengan pemikiran masyarakat Denmark kala itu.

Ambisinya sempat dipatahkan oleh ponakannya, Niles Groes, “anda harus ingat & tahu berapa banyak orang yang tidak kompeten dan harus bersaing dengan-sia-sia." tapi, Lehmann tetap dengan ambisinya.

Karena seorang pemikir kritis, Lehmann menetapkan dirinya sebagai seismologis pada otoritas struktur mantel atas. Dia membuat penelitian yang luas di berbagai negara. Manfaat luas dari penelitiannya adalah bisa digunakan untuk mendeteksi ledakan nuklir rahasia.

Atas usaha penelitannya itu, Lehmann menerima medali William Bowie tahun 1971, penghargaan tertinggi dari American Geophysical Union. Ia digambarkan sebagai "master seni hitam dimana sejumlah sistem komputerisasi tidak dapat digantikan secara lengkap.”

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 aneka content