Wednesday 13 May 2015

Facebook Akan Jadi Pengepul Berita

aneka - Tidak hanya di media sosial, Facebook dikabarin bakal menjadi agregator/pengepul konten berita. Untuk melancarkan rencana ini, jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini katanya sudah bekerja sama dengan berbagai media besar dunia.

Seperti kutip dari Cnet, Senin (4/5/2015), Facebook dikabarkan akan menyajikan artikel dan konten berita lainnya. Fitur pembagi berita ini disebut-sebut diberi nama Instant Articles dan mulai berjalan pada bulan Mei ini juga.

Menurut kabar yang beredar di internet, awalnya, Facebook akan nayangin berita dari, Buzzfeed, The New York Times dan Nat Geo.

Sekarang, pengguna memang sudah dikasih kebebasan untuk share tautan artikel berita di Facebook.

Tapi, Facebook merasa, pengguna belum bisa dengan cepat membuka tautan tersebut, apalagi di produk mobile. Dibilang, untuk perangkat mobile butuh waktu rata-rata sekitar 8 detik untuk buka sebuah tautan.

Dan, pengguna juga "dibawa" ke luar dari Facebook. Saat mengklik sebuah tautan, pengguna diarahkan langsung ke situs tautan tersebut.

Seringkali, pengguna diarahkan meninggalkan Facebook untuk membaca isi tautan tersebut.

Nah, Instant Articles ini katanya akan membuat pengguna bertahan lebih lama di Facebook. Karena, semua berita langsung ditampilkan di situs Facebook.

Artikel juga dijanjikan tampil lebih cepat & menghemat waktu pengguna.

Buat narik perhatian media untuk bekerja sama, Facebook dikabarkan juga menawarkan pendapatan yang menarik.

Facebook memberikan seluruh atau 100% keuntungan iklan yang didapat dari konten di fitur Instant Articles ini. Pemberian keuntungan itu adalah wujud "ganti rugi" waktu yang lebih banyak dihabiskan di Facebook ketimbang di situs berita itu sendiri.

Tetapi, kalau pihak Facebook yang menjual iklan, mereka tetap dapat keuntungan sebesar 30 persen.

Hingga sekarang, Facebook masih enggan ngasih komentarnya tentang Instant Articles ini.


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 aneka content