Wednesday 20 May 2015

Mengenal Apa Itu Website


aneka - Situs web atau bahasa Inggrisnya: website, adalah sebuah halaman web yang saling terhubung dan biasanya memiliki satu halaman utama yang isinya merupakan kumpulan dan berbagai informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Sebuah web biasanya berada pada sebuah server web yang dapat diakses dari jaringan Internet atau jaringan lokal (LAN) dengan alamat Internet yang biasanya dikenal sebagai URL. Gabungan seluruh situs yang bisa diakses publik di Internet, disebut juga dengan World Wide Web (WWW). 

Umumnya sebuah situs web di internet bisa di akses secara bebas oleh publik, tapi ada juga sebagian situs web yang menggunakan registrasi dan mewajibkan pengunjung untuk mendaftar & membayar dulu sebagai anggota untuk bisa mengakses halaman webnya, isi web berbayar itu biasanya menampilkan situs berita, layanan surel (e-mail), situs pornografi dan lain-lain. Pembatasan ini dibuat untuk alasan keamanan, menghargai privasi, atau karena sesuatu maksud tertentu.

Berkas dalam halaman web ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dengan instruksi bahasa pemograman yang berbasis HTML, atau XHTML, dan bahasa skrip. Nah, berkas ini nantinya akan diterjemahin sama peramban web dan tampilannya seperti halaman pada monitor komputer.

Halaman-halaman web itu nanti akan diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang dikenal dengan HTTP, sebagai tambahan untuk meningkatkan keamanan privasi yang lebih baik, situs web bisa juga diimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.

Baca juga manfaat & kegunaan website

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2015 aneka content